[email protected] Jl. Ganggawa no.3 Parepare Login

Tips mengukur tekanan darah Anda dengan benar

Tips mengukur tekanan darah Anda dengan benar

Penulis: Hasnawati.SKM, Editor: Hasnawati.SKM

Untuk menentukan apakah Anda menderita hipertensi atau tidak, seorang profesional medis akan mengukur tekanan darah.

Inilah yang dapat anda lakukan untuk memastikan tekanan darah anda diukur dengan benar , Jika seorang dokter, perawat, atau asisten medis tidak melakukannya dengan benar, jangan ragu untuk memintanya untuk mengulangnya dengan metode yang benar.

Pedoman nasional dan internasional untuk mengukur tekanan darah sbb:

  1. Jangan minum minuman berkafein atau merokok selama 30 menit sebelum    mengukur  tekanan darah
  2. Duduk diam selama lima menit sebelum tes dimulai.
  3. Selama pengukuran, duduklah di kursi dengan kaki Anda di lantai dan lengan Anda ditopang sehingga siku Anda setinggi jantung.
  4. Manset harus benar-benar menutupi setidaknya 80% dari lengan atas Anda, dan manset harus diletakkan pada kulit yang telanjang, bukan di atas baju.
  5. Jangan bicara selama pengukuran.
  6. Ukurlah tekanan darah Anda dua kali, dengan istirahat singkat di antaranya. Jika hasil pengukuranya berbeda 5 poin atau lebih, lakukan pembacaan ketiga kalinya.

Jika Anda terkadang merasa pusing ketika bangun tidur di pagi hari atau ketika Anda berdiri setelah duduk, Anda harus memeriksakan tekanan darah anda,

Jika anda ke dokter anda, dokter akan mengukur  tekanan darah anda beberapa kali dan jika ditemukan hasilnya bervariasi saat pemeriksaan , dokter Anda akan mendiagnosis hipertensi berdasarkan pembacaan tunggal. Dan dokter akan menyarankan untuk dilakukan pengukuran setidaknya dua kali dalam seminggu,. Pengecualian jika pengukuran Anda memiliki pembacaan tekanan darah 180/110 mm Hg atau lebih tinggi. Hasil yang setinggi ini biasanya membutuhkan perawatan segera.

Ini juga merupakan ide yang baik untuk mengukur tekanan darah Anda di kedua lengan setidaknya satu kali, karena pembacaan di satu lengan (biasanya kanan) mungkin lebih tinggi daripada di lengan kiri.

Secara umum, tekanan darah antara 160/100 mm Hg dan 179/109 mm Hg harus diperiksa ulang dalam dua minggu, sedangkan pengukuran antara 140/90 dan 159/99 harus diulang dalam empat minggu. Orang-orang dalam kategori prehipertensi (antara 120/80 dan 139/89 mm Hg) harus diperiksa ulang dalam empat hingga enam bulan, dan mereka yang memiliki pembacaan normal (kurang dari 120/80 mm Hg) harus  diperiksa ulang setiap tahun. Namun, dokter Anda dapat menjadwalkan kunjungan

Referensi : https://mail.google.com/mail/u/0/?tab=rm&ogbl#search/harvard/FMfcgxwGCtDMjVBBvLczGNvQmDTsVzDr