[email protected] Jl. Ganggawa no.3 Parepare Login

Kasus DBD Meningkat !!, ini yang dilakukan Kadinkes…..

Kasus DBD Meningkat !!, ini yang dilakukan Kadinkes…..

Penulis:Hasnawati.SKM ][ Editor: H.Kasman,ST,M.Kes

Plt.Kepala Dinas Kesehatan Kota Parepare Dr.Hj.Halwatiah,S.Skep,Ners,M.Kes, mengatakan dengan adanya peningkatan curah hujan yang tidak menentu belakangan ini di Kota Parepare maka dihimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai penyakit yang disebarkan oleh nyamuk Aedes Aeghepty, yakni Demam Berdarah Dengue (DBD).

Oleh sebab itu pihak dinas kesehatan telah berusaha secara maksimal dalam upaya melakukan pencegahan, penanganan dan tindakan terhadap ancaman penyebaran kasus DBD”. Tuturnya

Hj.Halwatiah menegaskan untuk upaya preventif dapat dilakukan dengan 3M Plus, yakni membuang barang-barang bekas seperti ban, kaleng,pot bungan yang sudah tidak terpakai. Sedangkan selokan harus dibersihkan, dan barang-barang Iain yang bisa menampung genangan air sebagai tempat berkembang biak nyamuk perlu adanya pemusnahan dengan cara dikubur. Menutup dan menguras tempat penampungan air secara berkala, serta tidur memakai kelambu untukmenghindari gigitan nyamuk atau cara lainnya.

Kegiatan fogging yang dillaksanakan di btn perumnas diwekke’e , Foto/Dok Dinkes Fatimah.SKM

“langkah nyata yang telah dilakukan dalam upaya pencegahan  penyebaran DBD diantaranya yakni menyalurkan abate ke semua puskesmas yang ada di Kota Parepare, yang selanjutnya dibagikan langsung ke masyarakat oleh petugas Puskesmas,selain itu gerakan fogging atau penyemprotan  juga sudah dilakukan sebanyak 12 kali per januari 2020 di sejumlah tempat yang menjadi endemi demam berdarah”lanjut Hj.Halwatiah.

Selain itu Dinkes telah berusaha secara maksimal dalam upaya melakukan pencegahan, penanganan dan tindakan terhadap ancaman penyebaran kasus DBD.

Ia menjabarkan, “Secara serentak pihak Puskesmas secara aktif telah melakukan kampanye atau sosialisasi pencegahan DBD dengan harapan dapat menekan terjadinya peningkatan angka penderita DBD di Kota Parepare,” ujarnya, Selasa (11/02/2020).

(bagian seksi promosi kesehatan)