[email protected] Jl. Ganggawa no.3 Parepare Login

Waspada Cengkraman Virus Corona ini Langkah-langkah Dinkes Kota Parepare……..!

Waspada Cengkraman Virus Corona ini Langkah-langkah Dinkes Kota Parepare……..!

Penulis:Hasnawati

PAREPARE. Dinas Kesehatan Kota Parepare telah melakukan serangkaian upaya dalam mencegah penyebaran virus corona (COVID-19). Salah satunya adalah dengan melakukan penyuluhan keliling kota untuk mengedukasi masyarakat terkait kewaspadaan terhadap covid-19, di 4 kecamatan dan 22 lokasi yang berbeda diantaranya pasar,tempat umum,perkantoran,sekolah,kampus dan perumahan.

Selain penyuluhan keliling dinkes juga membuka Posko Siaga Covid-19. Posko yang terletak di Kantor Dinkes Kota Parepare Bagian Data dan Pusat Informasi Tim Gerak Cepat  (TGC) Penanggulangan KLB.

“Posko dibuat sebagai media edukasi dan informasi mengenai virus corona. Masyarakat yang membutuhkan penjelasan  mengenai virus corona bisa mengakses posko kami,” kata Kepala Bidang Kesmas, Kes.Lingkungan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit., Muhammad Idris, Kamis (5/3/2020).

lanjut Muhammad Idris, harapan kami tim posko siaga ini bisa bekerja secara maksimal untuk menangkal hoax covid-19 dan juga bisa meredakan kepanikan warga Kota Parepare. Pihaknya juga telah membuka pusat informasi covid-19 dengan mencantumkan nomor ponsel petugas Dinkes yang bisa dihubungi langsung oleh masyarakat, untuk berkonsultasi seputar virus corona.


Sebagai antisipasi virus corona secara keseluruhan, Muhammad Idris mengaku jika pihaknya sudah  melakukan koordinasi dan komunikasi lintas program agar lebih waspada terhadap penyebaran virus corona. Salah satu upaya yang harus terus digalakkan adalah himbauan  menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Kemudian yang signifikan juga saat ini adalah menjaga imunitas tubuh dengan makan makanan yang bergizi, melakukan olahraga, kemudian cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah melakukan aktifitas  hal ini berguna untuk menghindari penyebaran penyakit ke diri sendiri maupun orang lain, ” tutup Muhammad Idris.