[email protected] Jl. Ganggawa no.3 Parepare Login

Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2020,Berani Berkata Tidak Terhadap BUJUKAN Rokok

Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2020,Berani Berkata Tidak Terhadap BUJUKAN Rokok

Opini : Hasnawati

Melindungi pemuda penerus bangsa dari manipulasi industri rokok amatlah sangat sulit, karena indusri ini sudah membangun brand lebih dari satu abad, butuh kerja keras dan tekad pemerintah pusat membuat aturan yang sangat ketat, pelarangan penjualan pada warung -warung, serta pembeli rokok harus mengatongi izin layak menggunakan rokok.

Industri rokok ini, menggunakan berbagai taktik dan strategis yang begitu agresif, dalam mempromosikan produk mereka di televisi, untuk mempengaruhi alam bawa sadar pemuda atau perokok pemula. Bahwa merokok itu keren, iklan mereka sudah disetting sedemikian unik dan menarik sehingga menciptakan image seolah-olang pemuda yang merokok terkesan cool dan menarik.

Tidak puas hanya mengiklan ditelevisi,  perusahaan rokok ini merangkul berbagai flatfone dan media social. Seperti Youtube, Instagram, Facebook, Whatsapp dan Twitter dalam menciptakan tipu muslihat akan manfaat rokok. Iklan mereka menggunakan berbagai pendekatan yang dirancang untuk menarik generasi muda menjadi perokok pemula, pemasaran mereka secara dramatis merasuk keberbagai tatanam kehidupan kita.                 `

Kampanye global Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2020, sudah seharusnya secara sadar hadir melidungi kaum muda,  dari bombastis iklan rokok yang menghiasi berbagai platform media social, dengan cara memberdayakan instagram influencer dan selebriti  untuk melawan perusahaan industri rokok, pertama hilangkan good image tentang rokok, kedua bongkar manipulasi iklan industri rokok, serta ajak kaum muda untuk menolak menggunakan produk rokok.